You are here:

MAHASISWA FB UNISSULA POPULERKAN BAHASA JAWA

E-mail Print PDF

Nafisa Syahida RahmadiniNafisa Syahida Rahmadini mahasiswa Fakultas Bahasa (FB) Unissula mengikuti konferensi bertaraf internasional The 1st International Conference Indonesia – Malaysia – Bangladesh – Ireland (IJCIMBI 2015) yang diselenggarakan di Universitas Ubudiyah Indonesia di Banda Aceh baru baru ini. Ia mempresentasikan makalah penyelamatan bahasa Jawa berjudul Don’t Let Javanese Language Become Extinct by Using Javanese Language to Preserve Cultural Heritage of Indonesia in Java Youth Scope berhasil lolos seleksi dan diterima oleh tim reviewer yang merupakan para pakar dari Malaysia, Bangladesh, Irlandia serta Indonesia sendiri.

Nafisa mengungkapkan Bahasa Jawa dengan segala ragam dialektikanya meruapakan bahasa yang istimewa digunakan oleh puluhan juta orang tidak hanya di pulau Jawa tetapi di beberapa Negara bahkan di dipelajari di universitas universitas di Eropa dan Australia.

Meskipun menekuni pendidikan Bahasa Inggris dan bercita-cita menjadi guru Bahasa Inggris profesional, Nafisa mempunyai perhatian yang cukup mendalam terhadap Bahasa Jawa dan berharap bahasa yang kaya akan muatan budaya ini terus eksis di tengah perkembangan zaman.

Sekretaris Dekan Fakultas Bahasa, Hartono SS MPd, mengungkapkan bahwa universitas maupun fakultas sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Mengirim mahasiswa-mahasiswa terbaik ke berbagai kancah internasional merupakan salah satu program kerja Rektor sebagai upaya mewujudkan visi sebagai a world class Islamic university."

"Unissula selalu mendorong, membina dan menfasilitasi mahasiswa tampil di forum-forum internasional baik akademik maupun non akademik," imbuhnya. [sumber: http://unissula.ac.id/mahasiswa-fb-unissula-populerkan-bahasa-jawa/]