You are here:

FB UNISSULA SIAP HADAPI MEA

E-mail Print PDF

images/stories/logo colasula 2013.pngSEMARANG – Penguasaan bahasa internasional seperti bahasa Inggris masih menjadi salah satu kendala bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dalam menghadapi persaingan di era masyarakat ekonomi Asia (MEA) maupun persaingan secara global.

”Itulah salah satu tantangan dunia pendidikan tinggi saat ini, bagaimana mengader calon-calon yang kompeten di bidangnya sekaligus cakap berbahasa internasional,” kata Dekan Fakultas Bahasa Unissula, Hartono SS MPd, Senin (29/6).

Menurut Hartono, untuk menyikapi hal itu fakultasnya mempersiapkan program khusus percepatan penguasaan bahasa Inggris bagi mahasiswa baru selama dua semester. ”Ada pelatihan untuk mahasiswa terkait dengan public speaking, entrepreneur, karya sastra, bisnis, dan lembaga khusus.

Fakultas juga memiliki management dan job seeking training, training untuk menghadapi pasar dunia kerja” ujarnya. Saat ini hampir semua peluang kerja di perusahaan mensyaratkan penguasaan bahasa. Karena itu, kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi penting untuk dikuasai.

”Salah satu fokus kami adalah bagaimana para mahasiswa baik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1) maupun Sastra Inggris (S-1) Unissula teruji kemampuan bahasa internasionalnya. Itu bukan hanya karena alasan persaingan kerja, tapi juga profesionalitasnya sebagai mahasiswa yang memang berkecimpung di bidang bahasa Inggris,” ungkap Hartono.

 

Ahli Bahasa

Fakultasnya saat ini siap menghasilkan ahli-ahli bahasa dan pengajar bahasa Inggris profesional berjiwa Islami yang mampu berkarya dan mengabdikan ilmu, keterampilan, dan kecakapannya di tingkat nasional dan global.

Mereka siap berperan serta membangun peradaban masyarakat yang lebih baik. Untuk memperoleh gelar sarjana pada Fakultas Bahasa Unissula, seorang mahasiswa harus menyelesaikan 149 satuan kredit semester (SKS) untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan 147 SKS untuk prodi Sastra Inggris.

Ia bersyukur mahasiswa di fakultasnya banyak yang telah menorehkan prestasi gemilang, antara lain menjadi mahasiswa berprestasi Kopertis VI, berpartisipasi dalam ajang Pimnas, mengikuti berbagai konferensi internasional, dan mengikuti kegiatan akademik ke Turki.

Proses perkuliahan juga semakin antusias setelah menempati gedung baru 10 lantai serta sedang merencanakan membuka prodi Bahasa Jepang dan Bahasa Arab. (C15-37/CH/Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/fb-unissula-siap-menghadapi-mea/)