You are here:

DOSEN FAKULTAS BAHASA TELITI MANFAAT SOCIAL MEDIA FACEBOOK DALAM PEMBELAJARAN

E-mail Print PDF

Media social (Social Networking Sites/ SNS) Facebook adalah media sosial yang paling popular.  Saat ini media sosial ini dikunjungi lebih dari 900 juta pengunjung tiap bulannya. Di Amerika Serikat, Facebook adalah SNS yang paling popular di kalangan anak muda, pelajar dan mahasiswa. Sementara itu, Indonesia memiliki jumlah pengguna terbesar ke empat di dunia.  Dengan popularitas dan potensi ini, Facebook mulai banyak dipergunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Hal inilah yang dilakukan oleh Hartono, S.S., M.Pd., salah seorang dosen di Fakultas Bahasa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang menggunakan dan meneliti manfaat  media sosial Facebook dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Bahasa Inggris.  Penelitian yang dibiayai oleh Hibah Dikti dari tahun 2012/2013 dan dilanjutkan pada tahun 2013/2014 tersebut menyimpulkan bahwa  penggunaan Facebook dalam pembelajaran dapat meningkatkan tingkat interaksi antara mahasiswa dan mahasiswa, serta antara mahasiswa dan dosen. Penggunaan media ini juga menjadikan mahasiswa memiliki kesempatan lebih banyak untuk menggunakan bahasa target.  Banyak mahasiswa yang biasanya diam saja saat proses  pembelajaran di kelas, ternyata bisa sangat aktif berpartisipasi dalam diskusi di Facebook yang dikelola dalam Facebook group.  Diskusi di Facebook group  ini akan manjadikan mahasiswa terpapar (exposed) dengan bahasa target sehingga sesuai dengan teori input (input hypothesis) dari Krashen, pemerolehan bahasa (language acquisition) akan terjadi.

Itulah poin-poin penting presentasi Hartono, S.S., M.Pd. dengan judul  “On Line English Discussion (OLED) via Facebook to Provide Learners with more Opportunities to Use English Language  in an Academic Setting” pada acara Language and Language Teaching Conference (LLTC) 2014 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada  tanggal 20 Juni 2014 yang lalu. Presentasi yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa tersebut berjalan menarik dibuktikan dengan banyaknya respon dari peserta. Hadir juga sebagai peserta dosen Fakultas Bahasa Nani Hidayati, S.Pd.  (Hart/14).